KLASIFIKASI & MORFOLOGI TANAMAN CENGKEH

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Artikel Terbaru

KLASIFIKASI & MORFOLOGI TANAMAN CENGKEH

Monday, November 11, 2019

KLASIFIKASI & MORFOLOGI TANAMAN CENGKEH


Cengkeh atau cloves dalam bahasa inggris brarti tangkai bunga kering yang beraroma. Tanaman cengkeh ini asli dari Indonesia dan sering di gunakan masyarak sebagai bumbu masakan atau bahan utama rokok kretek khas Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh samapai 10-20 m yang termasuk pohon tahunan.
Berikut adalah klasifikasi tanaman cengkeh dan morfologinya :

  • Klasifikasi dan nama ilmiah Tanaman Cengkeh

KINGDOM
Plantae
SUB KINGDOM
Viridiplantae
DIVISI
Tracheophyta
SUB DIVISI
Spermatophyta
KELAS
Magnoliopsida
ORDO
Myrtales
FAMILI
Myrtaceae
GENUS
Syzygium P. Br
SPESIES
Syzygium Aromatica (L)

  • MORFOLOGI TANAMAN CENGKEH


·         Morfologi Daun Tanaman Cengkeh
Daun cengkeh bukan merupakan daun lengkap karena hanya memiliki tangkai daun (petioles) dan helaian (lamina), tetapi tetapi tidak ada upih/pelepah daun, Daun cengkeh berbentuk lonjong dan berbunga pada bagian ujungnya, Daun teh ini termasuk daun majemuk karena di dalam satu tangkai terdapat lebih dari satu daun.

·         Morfologi Batang Tanaman Cengkeh
Batang tanaman cengkeh ini berkayu, keras, kuat dan tinggi. Bentuknya membulat (teres). Permukan luar datangnya kasar dan mempunyai cabang-cabang yang dipenuhi banyak ranting. Arah tumbuh batang cengkeh ini yaitu tegak lurus (erectus), cara percabangan dari rantingnya yaitu monopodial karena bisa dibedakan antara batang pokok dan cabangnya. Arah cabangnya condong ke atas dan tanaman cengkeh ini bisa beretahan hidup hingga puluhan tahun.
·         Morfologi Akar Tanaman Cengkeh

Syistem perakaran tanaman Cengkeh adalah akar tunggang, yaitu akar pokok yang berasal dari akar lembaga kemudian akar ini bercabang-cabang. Akar cengkeh ini kuat sehingga tanaman cengkeh dapat hidup sampai puluhan tahun, bagian akar yang dekat dengan permukaan tanah banyak tumbuh bulu akar. Bulu akar inilah yang berguna untuk mengambil nutrisi dan makanan dari tanah untuk tanaman.

·         Morologi Bunga Cengkeh
Bunga cengkeh muncul pada bagian ujung ranting daun, tangkainya penden dan bertandan. Bunga cengkeh merupakan bunga majemuk yang berbatas karena ujung ibu tangkainya selalu ditutupi bunga. Bunga cengkeh terdiri dari tangkai, ibu tangaki dan dasar bunga. Bunga cengkeh adalah bunga tunggal. Dasar bunga menjadi punggung benang sari dan putik.
·         Morfologi Buah dan Biji Cengkeh

Cengkeh mempunyai tangkai buah pada masa awal yang berwarna hijau. Dan berwarna merah saat sudah mekar. Buah cengkeh termasuk buah semu karena ada bagian bunga yang ikut ambil bagian dalam pembentukan buah. Buahnya terseusun atas bagian-bagian pada kulit buah antara lain, epikarpium, mesokarpium, dan endokarpium.

      Tanaman Cengkeh bisa menghasilkan biji setelah tanaman berumur 5 tahun. Bijinya terdiri atas kulit, tali pusar, dan inti biji. Semakin tua umur tanaman maka kualitasnyapun semakin menurun dan tidak dapat digunakan lagi untuk industri.


Terimakasih, SEMOGA BERMANFAAT